Skip to content

Samsung Galaxy S24 Gandeng Fitur AI Buatan Google, Jadi Makin Canggih!

TEKNO.JENDELATV.IDAcara Unpacked Galaxy Samsung yang diadakan setiap enam bulan sekali biasanya penuh dengan perangkat keras ponsel yang mengagumkan, tetapi pada acara tahun ini—yang diadakan di San Jose, California—perangkat lunaklah yang menjadi pusat perhatian. Fitur Samsung Galaxy S24, S24+, dan S24 Ultra yang baru adalah Galaxy AI, istilah umum untuk banyak fitur pintar baru yang debut di handset ini.

Banyak dari fungsi ini (tapi tidak semuanya) didukung oleh model kecerdasan buatan Google, Gemini, dan beberapa di antaranya sudah ada di ponsel Pixel milik Google sendiri. Google telah lama mendominasi pencarian hanya dengan menjadi opsi default di mana-mana—sekarang, strategi serupa digunakan untuk membawa kecakapan kecerdasan buatannya melalui Android ke panggung yang lebih luas.

Dalam acara tersebut, Samsung juga mengumumkan Galaxy Ring, yang merupakan kategori produk baru untuk perusahaan ini. Detailnya tidak dibagikan banyak selain bahwa cincin pintar ini akan terintegrasi erat dengan aplikasi Samsung Health dan berbagai fitur yang dimilikinya. Cincin pintar semakin populer dalam tiga tahun terakhir, dengan Oura memimpin, dan lainnya mengikuti jejaknya, seperti Ultrahuman Ring Air. Kami akan memperbarui cerita ini saat kami mengetahui lebih banyak.

Jika Anda membeli sesuatu menggunakan tautan dalam cerita kami, kami mungkin mendapatkan komisi. Ini membantu mendukung jurnalisme kami. Pelajari lebih lanjut.

Ada yang Sebut Kecerdasan Buatan?

Lupakan sejenak ponselnya agar kita bisa membahas Galaxy AI. Ada campuran kecerdasan buatan di perangkat (melalui Gemini Nano) dan di cloud (melalui Gemini Pro) pada seri Galaxy S24, meskipun Samsung lebih bergantung pada yang terakhir. Jika Anda melihat ikon bintang di suatu tempat di layar, itu menandakan bahwa ada fungsi kecerdasan buatan khusus yang bisa Anda gunakan. Interaksi ini didukung oleh model bahasa besar milik Google.

Sebagai contoh, saat sedang menelepon, ketuk tombol Call Assist bintang dan sekarang akan menerjemahkan panggilan secara real-time, memungkinkan Anda berbicara dengan seseorang dalam bahasa lain, seperti Universal Translator dari Star Trek. (Didukung oleh 13 bahasa.)

Dalam demo, saya melakukan panggilan telepon dengan karyawan Samsung—dia berbicara dalam bahasa Korea dan saya mendengar pidatonya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, dan sebaliknya. Sangat keren bisa berbicara tanpa harus mencari sesuatu, meskipun tidak berlangsung secepat kilat, namun terasa cukup cepat untuk menjaga percakapan tetap berlangsung.

Translation juga berlaku untuk pesan teks. Karena kemampuan terjemahan ini tertanam dalam keyboard Samsung, tidak masalah aplikasi perpesanan apa yang Anda gunakan untuk obrolan Anda.

Berbicara tentang itu, ada juga Chat Assist di keyboard, yang dapat mengubah nada kalimat Anda dalam percakapan jika Anda ingin terdengar lebih profesional atau santai, atau jika Anda membutuhkan bantuan untuk mendapatkan tanda baca yang benar.

Tambahan spesifik untuk pesan favorit saya adalah Photomoji, yang memungkinkan Anda membuat emoji baru dari foto Anda—sangat mirip dengan Visual Lookup milik Apple, yang mengubah subjek dari foto Anda menjadi stiker.

Aplikasi perekam suara bawaan Samsung mendapatkan kecerdasan yang mirip dengan yang dapat Anda temukan di aplikasi Recorder milik Google, termasuk transkripsi waktu nyata dan label pembicara untuk menunjukkan siapa yang berbicara.

Menggunakan browser web Samsung? Ketuk ikon bintang dan Anda dapat mendapatkan ringkasan dari halaman web. Bekerja di aplikasi Notes milik Samsung? Anda dapat merangkum paragraf panjang teks, memeriksa tata bahasa dan ejaan, dan bahkan menjelajahi berbagai opsi pemformatan yang dapat secara otomatis menambahkan judul, header, dan bullet.

Ini adalah acara Samsung, tetapi Google menggunakan kesempatan ini untuk meluncurkan pengalaman pencarian baru di Android yang disebut Circle to Search. Tidak peduli apa yang sedang Anda lihat di layar, tahan lama tombol beranda (atau ikon berbentuk pil jika Anda menggunakan navigasi gerak) untuk menampilkan antarmuka baru di mana Anda dapat mengelilingi area tertentu di layar dengan jari Anda.

Area yang dilingkari ini kemudian ditarik ke dalam bilah pencarian Google untuk pencarian visual. Anda dapat mengetik teks tambahan ke dalam kueri tentang gambar untuk membuat pencarian lebih spesifik. Ini berfungsi di mana pun di Android, bahkan saat Anda menonton video di berbagai aplikasi, dan akan tersedia pada S24 dan Pixel 8 series pada 31 Januari. (Baca cerita lengkap rekan saya Lauren Goode tentang alat pencarian baru ini.)

Ketika Google menambahkan Magic Eraser ke ponsel Pixel-nya, yang memungkinkan Anda menghapus objek di latar belakang foto, Samsung mengikuti dengan alat serupa yang disebut Object Eraser. Pixel 8 Pro memperkenalkan Magic Editor tahun lalu, memungkinkan Anda memindahkan atau menyesuaikan ukuran subjek dalam foto sementara kecerdasan buatan secara otomatis mengisi sisanya agar pemandangan tetap terlihat realistis. Tentu saja, fitur ini sekarang tersedia pada seri Galaxy S24, di mana disebut Generative Edit (nama yang kurang menyenangkan).

Arguably salah satu trik keren yang saya lihat dalam waktu singkat saya dengan handset ini adalah Instant Slow-Mo. Ingat video slow-motion? Ini adalah fitur yang selalu ingin saya gunakan lebih banyak, tetapi tersembunyi di dalam menu aplikasi kamera, sehingga saya tidak pernah ingat bahwa itu ada. Nah, sekarang Samsung membiarkan Anda mengubah setiap video yang sudah Anda ambil menjadi video slow-motion hanya dengan menekan dan menahan di aplikasi galeri.